Candi Asu Sengi

Informasi Obyek Wisata

Sekilas, tempat wisata di Magelang ini mirip dengan candi Hindu karena memiliki struktur bangunan yang meruncing yang menjadi ciri khas candi Hindu. Namun, jika dilihat lebih teliti, terdapat stupa dan undakan yang menjadi simbol utama semua candi Budhha. Ditambah lagi dengan ditemukannya patung arca Dhyani Buddha Ratnasambhawa pada candi nomor II.
Candi ini sebenarnya bukan bernama Asu Sengi. Bahkan, nama dari candi ini belum diketahui. Awalnya, warga sekitar melihat adanya patung lembu atau Nandi rusak yang menyerupai anjing. Akhirnya, warga memutuskan memberi nama Asu (yang berarti anjing dalam Bahasa Jawa), dan Sengi kepada candi ini. Nama Sengi sendiri diambil dari nama desa dimana candi ini ditemukan.

Kabarnya, Candi Asu Sengi merupakan salah satu bangunan yang ditinggalkan oleh Kerajaan Mataram Kuno keturunan Sanjaya. Sama seperti kebanyakan candi Hindu lainnya, di dinding Candi Asu Sengi juga terdapat banyak relief Kinara-Kinari.

Candi Asu Sengi berlokasi di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Tepatnya di sebelah barat lereng Gunung Merapi, di tepi Sungai Tlingsing Pabelan, sekitar 25 kilometer arah timur laut dari Candi Borobudur.

Bagikan halaman ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email