Candi Ngawen

Informasi Obyek Wisata

Sekilas, tempat wisata di Magelang ini mirip dengan candi Hindu karena memiliki struktur bangunan yang meruncing yang menjadi ciri khas candi Hindu. Namun, jika dilihat lebih teliti, terdapat stupa dan undakan yang menjadi simbol utama semua candi Budhha. Ditambah lagi dengan ditemukannya patung arca Dhyani Buddha Ratnasambhawa pada candi nomor II.

Terdiri dari candi-candi kecil berjumlah 5 buah, Candi Ngawen lagi-lagi diperkirakan dibangun oleh Dinasti Syailendra pada abad ke-X Masehi. Keunikan yang dimiliki Candi Ngawen adalah adanya patung singa berjumlah 4 buah di sudut-sudut candi nomor II dan IV. Dari kelima candi, hanya candi nomor II dan IV saja yang memiliki struktur bangunan yang sama. Selain patung singa di bagian sudut, adanya patung singa penopang candi menjadi keunikan lain dari Candi Ngawen yang bisa Anda temukan.

Candi Ngawen berlokasi di Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Tepatnya sekitar 5 kilometer dari arah Yogyakarta sebelum Candi Mendut. Tidak ada biaya masuk. Candi Mendut buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Bagikan halaman ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email