Informasi Obyek Wisata

Obyek wisata Gua Lawa mempunyai luas sekitar 11 hektar. Gua Lawa ini terletak di lereng sebelah timur Gunung Slamet, sehingga udara di sekitar obyek wisata ini sangat sejuk dan bersih dengan panorama yang sangat indah. Obyek wisata ini berdekatan dengan obyek wisata Pemandian Air Panas Guci. Karena memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 900 mdpl,  maka udaranya berhawa sejuk.

Umumnya gua-gua yang ada di Indonesia terdiri dari batuan kapur dan berada di lereng bukit, sehingga sering melahirkan stalagnit dan stalagmit. Sedangkan Gua Lawa termasuk gua vulkanik yang terbentuk dari lava pegunungan aktif yang meleleh dan mengalami pendinginan beribu-ribu, bahkan berjuta-juta tahun. Proses pendinginan lava ini mengakibatkan batuannya keras dan kuat dengan warna hitam tanpa menimbulkan stalagnit maupun stalagmit. Tebal batuan bisa mencapai 50 meter, sehingga tahan terhadap guncangan. Letaknya juga tidak di lereng bukit, tapi di bukit. Proses alami dari gaya tarik bumi tidak mungkin terjadi di daerah kapur. Ciri-ciri gua vulkanik antara lain terdapat lorong dan mata air yang terjadi secara alami.

Jika ingin melihat keindahan Gua Lawa dari dekat, pengunjung haursenuruni lubang tanah dan menelusuri lorong-lorong dengan lebar sekitar satu meter. Di lorong tersebut Anda bisa menikmati lembabnya di dalam gua dan merasakan sejuknya mata air yang menetes dari dinding gua. Karena lembab, di dalam gua ini terdapat lubang untuk fentilasi udara. Lubang-lubang yang berjarak sekitar 30 meter tersebut bukan merupakan sengaja dibuat oleh manusia, tetapi terbentuk dari proses alam. Awalnya lubang-lubang alami tersebut berjumlah 17 buah, tetapi 2 lubang diantaranya mengalami penyempitan dengan sendirinya.

Di dalam gua tersebut terdapat 14 gua dengan nama-nama yang diambil dari cerita legenda tersendiri. Salah satunya adalah Gua Batu Semar, gua ini diberi nama tersebut karena di dalam gua tersebut terdapat batu yang bentuknya mirip dengan Semar (Semar adalah seorang tokoh dalam dunia pewayangan). Ada juga Gua Dada Lawa, gua ini sangat indah dan didalamnya terdapat kolam yang airnya sangat bening. Selain itu ada pula Gua Pancuran Slamet, Gua Sendang Slamet, dan Gua Sendang Drajat. Gua-gua ini memiliki sumber mata air yang berbentuk pancuran yang tidak pernah kering.

Bagikan halaman ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email