Telaga Warna

Informasi Obyek Wisata

Merupakan obyek wisata yang sangat fenomenal dengan pergantian warna airnya. Terkadang berwarna hijau, kuning atau berwarna-warni seperti pelangi. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan sulfur yang cukup tinggi sehingga saat sinar matahari mengenai air telaga maka warna air telaga nampak berwarna-warni. Karena keindahan dan kemisteriusannya yang menarik hati, tempat ini hampir tak pernah sepi pengunjung. Pepohonan lebat di sekitar Telaga Warna juga menambah indahnya panorama Telaga. Agar bisa menikmati pemandangan yang lebih indah, para pengunjung bisa mendaki ke puncak bukit yang memagari telaga.

Ada beberapa versi cerita mengenai asal-usul Telaga Warna ini. Beberapa masyarakat meyakini bahwa pada zaman dahulu ada bangsawan yang cincinnya jatuh ke dalam telaga ini. Diduga karena cincinnya yang sangat sakti, sehingga membuat warna dari telaga tersebut. Ada pula sebagian masyarakat yang meyakini bahwa tempat tersebut merupakan tempatnya para bidadari.

Tepat disampingnya terdapat telaga lain yang disebut Telaga Pengilon yang berkilau seperti cermin. Diantara telaga terdapat Gua Semar memiliki panjang 4 meter dengan dinding batu dan biasa dipergunakan untuk meditasi, terdapat juga gua lain yaitu Gua Sumur dan Gua Jaran. Di dalam Gua Sumur ini terdapat sumber air suci yang disebut “Tirta Perwitasari” (Jawa). Di lokasi inilah Umat Hindu sering mengadakan Upacara ritual yang disebut Muspe atau Mabakti atau Medhak Tirta.

Bagikan halaman ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email