Waduk Wadas Lintang

Informasi Obyek Wisata

Terletak di perbatasan Kabupaten Kebumen dan Kabumen Wonosobo. Daerahnya berudara sejuk, dengan panorama alam pegunungan di sekitarnya yang begitu alami. Sehingga cocok sebagai tempat rekreasi bagi kawula muda maupun keluarga.

Genangan air ini sebagian masuk ke wilayah Wonosobo. Sungai utama yang dibendung yakni Sungai Bedegolan. Sedangkan sekitar 113 ha, termasuk kantor dan lokasi bendung, PLTA beserta dua saluran induk masuk ke Wilayah Kebumen.

Pembangunan Waduk Wadaslintang ini cukup lama, yakni sekitar 7 tahun. Arealnya di lembah yang cukup curam tapi pemandangannya mengasyikkan. Tanah yang diperlukan untuk kawasan waduk tersebut mencapai 2.626 ha. Sehingga pada awal pembangunannya harus memindahkan sekitar 7.000 penduduk di perbatasan Kabupaten Kebumen-Wonosobo di eks Karesidenan Kedu. Genangan airnya mencakup sembilan desa di sana

Pelaksanaan Waduk Wadaslintang ini dilakukan oleh kontraktor Hydro Resource Coorporation Filipina, bekerja sama dengan PT Brantas Abipraya. Mulai dikerjakan tahun 1982, dan diresmikan oleh Presiden Soeharto awal tahun 1988.

Banyak pakar dari negara asing yang mengagumi bangunan ini karena kontruksi betonnya. Waduk ini diproyeksikan mampu berusia sampai sekitar 200 tahun. Waduk Wadaslintang termasuk cukup dalam. Tinggi bendungan 116 m lebar 10 m dan panjang 650 m, berisi air maksimal 443 juta M3.

Beberapa fungsi utama Waduk Wadaslintang antara lain:

  • Irigasi
  • Pembangkut Listrik Tenaga Air (PLTA)
  • Perikanan
  • Pariwisata
  • Mencegah banjir
  • Penampung Air

Salah satu kelebihan objek wisata Waduk Wadaslintang adalah kondisi alam sekitar yang mempesona. Bahkan setelah saluran induk ke bawah sampai Sungai Pejengkolan, mengalir air cukup bagus. Di bagian bawah kini dibangun Bendung Pejengkolan. Debit airnya sepanjang tahun tetap, karena bisa diatur dari pintu turbin PLTA. Sehingga sangat cocok untuk olah raga petualang seperti arung jeram.

Bagikan halaman ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email